Makalah Penciptaan Tari Dan seni Rupa Anak Sekolah Dasar ( BAB 1 )


         

BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang
Pembinaan dan pengembangan seni bagi anak merupakan hal yang penting untuk kita pelajari dan kita pahami selaku calon pendidik. Banyak para pendidik yang belum memahami cara membina, mengarahkan atau bahkan mengembangkan bakat / kemampuan seni anak. Sehingga masih ada pendidik yang menerapkan sistem pembelajaran tanpa melihat perkembangan anak didiknya. Hal ini akan berakibat adanya ketidakseimbangan antara sistem pembelajaran dengan perkembangan anak yang akan menyulitkan anak didik mengikuti sistem pembelajaran yang ada. Dengan mengetahui proses, cara dan konsep pengembangan seni pada anak didik, kita akan mudah mengetahui sistem pembelajaran yang efektif, efisien, terarah dan sesuai dengan perkembangan anak didik.
Untuk mengembangkan potensi anak didik dan menciptakan generasi – generasi masa depan yang berkualitas, maka diperlukan adanya pemahaman tentang cara pengembangan bakat/kreatifitas anak di bidang seni khususnya seni tari dan seni rupa. Dengan demikian, sebagai pendidik kita diharuskan mengetahui dan memahami pengembangan bakat / kreatifitas anak di bidang seni khusunya di bidang seni tari dan seni rupa.
B.            Rumusan Masalah
1.  Bagaimanakah proses penciptaan tari ?
2.  Bagaimanakah konsep garapan tari ?
3.  Apa saja yang bisa digunakan sebagai sumber tema untuk tari ?
4.  Bagaimanakah cara menyusun karya tari ?
5.  Bagaimanakah penciptaan karya seni rupa dwimatra anak SD ?
6.  Bagaimanakah penciptaan karya seni rupa trimatra anak SD ?
7.  Bagaimanakah cara menyusun tugas mencipta karya seni rupa untuk anak SD ?

C.      Batasan masalah
Yang di bahas pada makalah ini hanya sebatas penciptaan tari dan seni rupa anak di sekolah dasar saja.
D.      Tujuan
1.  Mengetahui proses penciptaan tari ?
2.  Mengetahui konsep garapan tari ?
3.  Mengetahui sumber tema untuk tari ?
4.  Mengetahui cara menyusun karya tari ?
5.  Mengetahui penciptaan karya seni rupa dwimatra anak SD ?
6.  Mengetahui penciptaan karya seni rupa trimatra anak SD ?
7.  Mengetahui cara menyusun tugas mencipta karya seni rupa untuk anak SD ?
E.      Metode penulisan
Penulisan menggunakan metode pustaka yaitu membaca buku modul “ Pendidikan Seni Di Sekolah Dasar ( PDGK4207 )“ dan media elektronik yaitu internet yang berkaitan dengan penulisan makalah ini.


Komentar

Postingan Populer